POPULER

Mendikbudristek Minta Kepala Daerah Mengangkat Guru Penggerak Menjadi Kepsek atau Pengawas

Yuk, Jalan-jalan di Kota Tomohon

Pejabat/ASN & Politik Praktis

Pemkab Minahasa Komitmen Angkat Guru Penggerak Menjadi Kepsek dan Pengawas

 PENDIDIKAN

Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek, Praptono, pada Dialog Penggerak bersama Mendikbudristek, Nadiem Makarim dan para Guru Penggerak, Kepala Sekolah Penggerak, dan Organisasi Penggerak, bertempat di SMP Lokon St Nikolaus, Kakaskasen, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Provinsi Sulut, Jumat, 06 Januari 2023.


TOMOHON - Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa, Tommy Wuwungan mengatakan, salah satu bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa adalah dengan mengangkat Guru Penggerak menjadi Kepala Sekolah (Kepsek). 

"Jadi kepala dinas (pendidikan) berkewajiban memberikan masukan kepada pimpinan daerah, agar Guru Penggerak bisa menjadi kepala sekolah. Direncanakan jika regulasi tentang Guru Penggerak menjadi Pengawas Sekolah terbit tahun ini, kami akan mengangkat 60 Guru Penggerak jadi Pengawas. Ini bentuk komitmen kami mendukung Merdeka Belajar," tegas Tommy pada Dialog Penggerak bersama Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Mendikbudristek), Nadiem Makarim dan para Guru Penggerak, Kepala Sekolah Penggerak, dan Organisasi Penggerak, bertempat di SMP Lokon St Nikolaus, Kakaskasen, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Provinsi Sulawesi Utara (Sulut), Jumat, 06 Januari 2023.

Di Tomohon, Mendikbudristek Minta Kepala Daerah Angkat Guru Penggerak Menjadi Kepsek atau Pengawas

Terkait hal tersebut, Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan, Kemendikbudristek, Praptono menjelaskan, tahun 2023 akan menjadi momen untuk mengusulkan pengisian jabatan pengawas dari PPPK sesuai dengan Permendikbud Nomor 26 tahun 2022 tentang Pendidikan Guru Penggerak. 

"Dalam Permendikbud tersebut, diatur bahwa untuk mengisi posisi Pengawas Sekolah bisa dari unsur Guru Penggerak," jelas Praptono.

Tahun 2023 ini, Praptono melanjutkan, Kemendikbudristek akan mendiseminasikan modul pelatihan komite pembelajaran yang selama ini hanya diberikan untuk pengawas pendamping  Sekolah Penggerak, agar diberikan juga ke seluruh Pengawas Sekolah.

Guru Penggerak dalam Dialog Penggerak bersama Mendikbudristek, Nadiem Makarim, di SMP Lokon St Nikolaus Kakaskasen, Kecamatan Tomohon Utara, Kota Tomohon, Sulut, Jumat, 06 Januari 2023.


Turut hadir dalam dialog tersebut, Anggota Komisi X DPR RI, Adriana C Dondokambey dan Sofyan Tan, Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP), Anindito Aditomo, Direktur Kepala Sekolah, Pengawas Sekolah, dan Tenaga Kependidikan, Praptono dan Kepala Dinas Pendidikan Kota Tomohon serta Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa.


Editor: Donny Turang

Komentar

Populer

Mendikbudristek Minta Kepala Daerah Mengangkat Guru Penggerak Menjadi Kepsek atau Pengawas

Yuk, Jalan-jalan di Kota Tomohon

Pejabat/ASN & Politik Praktis

Gubernur dan Wakil Gubernur Sulut dari Masa ke Masa

Mari Pesiar ke Tomohon

Kisah Kit Sang, DPRD Tingkat III di Tomohon

Setiap Pemilu Mereka Mengatasnamakan Rakyat